Hari Pendidikan Nasional ala SMK MUHAMMADIYAH BATAM

Assalamu 'alaikum....salam hangat dan sejahtera selalu...

Hardiknas atau dikenal dengan Hari Pendidikan Nasional yang biasa diperingati setiap tanggal 2 mei 2023 ditahun ini lebih special, karena setelah lelah dengan serangan pandemi dan berangsur-angsur mengembalikan keadaan dan suasana baru dalam sistem pembelajaran dengan terus meningkatkan mutu , sarana prasarana baik fisik maupun non fisik untuk kemajuan pendidikan di negeri tercinta kita Indonesia.

Gambar1. Peserta upacara Melaksanakan  Peringatan HARDIKNAS 2023

Gambar2. Peserta upacara Sedang Melakukan Doa bersama dipimpin Pembina Upacara

Gambar3. Peserta upacara sedang melakukan penghormatan kepada sang saka merah putih

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan peringatan nasional saban tahun di Indonesia sejak ditetapkan Presiden Sukarno melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 pada 28 November 1959 silam sebagai landasan untuk memperingatinya. dan diperkuat oleh kepmen,  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Menristekdikti) melalui Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 yang dikeluarkan 18 April 2023 lalu menuliskan bahwa tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”.

Di SMK MUHAMMADIYAH BATAM sendiri juga memperingati hardiknas dengan melakukan Upacara bendera, sebagai  petugas didukung oleh  beberapa anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau dikenal dengan PASKIBRAKA. dalam kesempatan ini tak lupa Pembina upacara Bpk Drs.Topo Mulyono juga  memaparkan  sesuai dengan tema yaitu meningkatkan pelayanan dan bukti pengabdian yang sungguh-sungguh dalam dunia pendidikan untuk menciptakan peserta didik yang berkwalitas dan kompetensi yang unggul dengan misi bergerak bersama dalam menyemarakan konsep Merdeka Belajar. 

Wassalam, 

Red.SMKMUBATAM@Copyright2023

 

Berikut adalah salinan Naskah Pidato Menteri Pendidikan kebudayaan Riset dan Teknologi Mas Menteri Bpk Nadiem Anwar Makarim;

Naskah Pidato Hardiknas 2023 Mendikbudristek

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Om swastiastu,

Namo buddhaya,

Salam kebajikan

Rahayu

 

Saudara saudariku, sebangsa dan setanah air,

 

Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.

Dari segi pendanaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Selain itu, mekanisme dana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

Saudara-saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarah, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.

Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini.

Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

 

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

 

Terima kasih

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Om shanti shanti shanti om,

Namo buddhaya

 

Jakarta, 2 Mei 2023

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,

 

 

Nadiem Anwar Makarim

 

sumber :Dinaspendidikan kepri.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengajian Bulanan Kemuhammadiyahan Satker SD, SMP, SMA dan SMK di Komplek Muhammadiyah ASEAN

Batuaji-Batam, Pada Hari Jum'at 13 Oktober 2023 di Satuan Kerja SD,SMP,SMA dan SMK komplek Muhammadiyah ASEAN telah dilaksanakan pengajian bersama Kemuhammadiyahan  bertemakan 

14/10/2023 17:18 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 436 kali
Ujian PTS atau Penilaian Tengah Semester Ganjil Telah selesai dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Batam

Batam- Kepulauan Riau, Assalamu'alaikum Wr.Wb. Ujian atau assesmen yang dilaksanakan sebagai  tolok ukur untuk kemajuan pendidikan siswa pada umumnya adalah merupakan salah satu up

14/10/2023 16:19 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 402 kali
SMK MUHAMMADIYAH 1 BATAM mengadakan serangkaian Lomba Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Hamka

Batam-Kepulauan Riau, Assalamu 'alaikum wr.wb. salam sehat dan sejahtera selalu untuk semuanya. Pada sepekan ini SMK MUHAMMADIYAH 1 BATAM telah mengadakan serangkaian kegiatan dalam ran

07/10/2023 10:39 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 369 kali
Kegiatan Screening Kesehatan Oleh Puskesmas Batuaji di SMK MUHAMMADIYAH 1 BATAM

Batam-Kepulauan Riau, Pada tanggal 25-26 September 2023 di SMK Muhammadiyah 1 Batam telah dilaksanakan kegiatan Screening kesehatan oleh Puskesmas Batuaji, sasaran utama pemeriksaan kes

28/09/2023 14:22 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 405 kali
Kegiatan P5 dan Extra kurikuler Hadrah di SMK MUHAMMADIYAH 1 BATAM

Batam-September 2023, adalah bulan nyaris media tidak bersuara dikarenakan berbagai kesibukan dan aktifitas di satker SMK MUHAMMADIYAH 1 BATAM memang begitu banyak dan luas, diantaranya

21/09/2023 22:24 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 509 kali
SMKS Muhammadiyah 1 Batam telah Usai Melaksanakan ANBK 2023 dengan Sukses dan Lancar

Batam - SMKS Muhammadiyah 1 Batam telah melaksanan Asesmen Nasional Berstandar Komputer (ANBK) Tahun 2023 dengan lancar pada Senin - Selasa tanggal 28 - 29 Agustus 2023. Pelaksanaan ANB

31/08/2023 09:56 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 389 kali
Simulasi ANBK 2023 - 2024 SMKS Muhammadiyah 1 Batam telah selesai di laksanakan

Batam - Sebanyak 89 Siswa/i SMKS Muhammadiyah 1 Batam telah selesai mengikuti simulasi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) pada Selasa 23/8. Pelaksanaan dapat berjalan dengan lanc

23/08/2023 17:11 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 363 kali
Serba-Serbi Perlombaan SMKS MUHAMMADIYAH 1 BATAM Dalam Rangka HUT-RI ke -78 Tahun Indonesia Merdeka

Batam - Dalam rangka menyambut HUT RI Ke-78 tahun Indonesia Merdeka, SMKS MUHAMMADIYAH 1 BATAM mengadakan beberapa macam perlombaan diantaranya adalah Balap Karung, Tarik tambang , Bala

23/08/2023 10:46 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 523 kali
Kolaborasi Lintas SATKER AUM dalam Upacara peringatan HUT RI Ke-78 yang dilaksanakan di Lapangan Masjid Prof. Dr. Hamka

Assalamu 'alaikum Wr. Wb. Batam - Pagi itu Tepatnya Hari Kamis,  tanggal 17 Aagustus 2023 tepat jam 07.00 pagi Waktu Indonesia Bagian Barat, mualailah pelaksanaan upacara peringat

21/08/2023 09:58 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 312 kali
Akhirnya ujian Tahfidz untuk calon penerima beasiswa siswa baru dilaksanakan tgl 5 Agustus 2023

Assalamu 'alaikum wr.wb. Alhamdulillah ujian Tahfidz untuk calon penerima beasiswa telang berlangsung dilaksanakan di masjid Prof. Dr. Hamka Kel. Kibing, Batu aji , Batam.  Ada

06/08/2023 21:46 - Oleh Redaksi SMKMU Batam - Dilihat 427 kali